Jadi Orang Rumahan, Siapa Takut ?

Judul : Untung Besar 80 Jt-an Duduk Doang

Penerbit : Indonesia Cerdas ( Galangpress )

Penulis : Nadia Indivara

Cetakan : I , 2008

Tebal : 176 halaman

Siapa orang yang tidak bosan apabila hanya jadi pengangguran jalanan yang balik kanan-balik kiri, mondar-mandir di depan televisi, menunggui hari-harinya di rumah dari mentari terbit hingga terbenam kembali, dengan dilakukan setiap hari tanpa henti-henti. Memang tak bisa dipungkiri sudah dipastikan hanya kengelangutan yang jadi teman setianya. Namun adakah kita berpikir sebagai orang rumahan sebenarnya kita juga memiliki sejuta potensi yang bisa kita kembangkan bahkan boleh dikatakan akan melebihi orang-orang mapan dan glamour dengan pangkat, pekerjaan / jabatan yang disandangnya di luar rumah.

Jika memang fakta berbicara seperti itu, lantas bagaimana sebenarnya kita memberdayakan potensi kita padahal notabene banyak atau lebih kita adalah hanya duduk di rumah, yang menurut pandangan orang lain kita adalah kurang wawasan, pengalaman, dan yang lebih parah lagi kita miskin uang. Memang untuk menepis itu semua kita butuh sebuah makanan, vitamin, dan juga suplemen yang sungguh memiliki kekuatan besar. Buku karangan Nadia Indivara dengan tebal 176 halaman mungkin bisa dikatakan sebagai cambuk makanan, vitamin, sekaligus suplemen yang sungguh menggugah bagi siapa saja orang rumahan yang mau membalikkan telapak tangan tentang nasib dirinya berada.

Bagaimana tidak, melaui buku ini penulis banyak memaparkan tentang bagaimana potensi-potensi / kekuatan dari seorang manusia yang lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Dari segelondong waktu yang ada di rumah tersebut manusia sebenarnya memiliki berbagai ide yang kemungkinan masih bergejolak dan menunggu agar dipilih dan dilanjutkan menjadi sebuah langkah awal untuk menepis kegalauan pandangan orang rumahan. Dalam hal ini sebagai titik startnya adalah kita harus tahu dan mau bahwa pikiran kita sebagai pelaksana / penindak lanjut perlu sekali segera diaktifkan dari kemampuan sebenarnya walaupun hanya dari dalam rumah.

Dan tidak heran bila rumah kita, tempat kita berdiam diri adalah ladang harta karun yang sebenarnya kita belum tahu. Memang banyak orang sudah mengatakan bahwa “Berbisnislah di rumah, itu adalah hal yang murah dan mudah dilakukan”. Walaupun demikian apakah ke depan nanti atau selamanya akan berjalan mulus, disisi lain kita sering berpandangan, “itu kan hanya orang-orang yang berpengalaman saja yang bisa melakukannya dan bermodal banyak”. Lantas bagaimana dengan kita ?

Apabila kita sering berpikir demikian, maka kita memang harus sedikit memaksa merubah mindset pikiran, “kita harus berpikir bahwa walaupun hanya bekerja di rumah bukan berarti asal-asalan karena tidak adanya pengawasan dan yang menuntut pada kita. Bekerja adalah tetap bekerja, dimanapun kita berada. Dan hasil maksimal adalah buah dari perilaku / tindakan kita yang sudah di rubah dan diproses ( hal 5-6 ).Untuk mengawali sebagai pekerja rumahan ( berbisnis di rumah ) memang banyak hal yang harus kita siapkan, mulai dari bussiness plan , profesionalitas, networking, daya juang menghadapi kompetitor, dan tentunya adalah niat dan keseriusan dari orang yang akan menjalaninya.

Buku ini memang mewakili dari sekian banyak buku sejenis yang memiliki kategori paling komplit dalam bisnis rumahan. Pasalnya dari kumpulan tips berbisnis, menggali ide, membuat bussines plan, mencari modal, menghitung untung rugi sampai jenis dan macam macam usaha / bisnis rumahan serta seabrek perangkat dan perkiraan keuntungan usaha lainnya sangatlah terpaparkan dengan jelas dan begitu menginspiratif.

Seperti di kemukakan apabila kita memang fokus dalam menekuni bisnis rumahan / full time sebagai pekerja di rumah, maka sebenarnya kita akan mendapatkan keuntungan yang orang lain belum tentu mendapatkannya, keuntungan itu diantaranya : Punya banyak waktu luang ( waktu fleksibel ), tidak ada tekanan dari bos ( atasan ), bebas dari ikatan perusahaan, bebas mengatur system / strategi / teknik kerja, menghemat tenaga, uang dan waktu untuk pergi ke kantor, punya lebih banyak relasi, menambah daya kreativitas, keuletan dan tahan banting, membuka pekerjaan untuk orang lain, dan masih banyak lagi lainnya yang tentunya akan kita temukan apabila memang kita fokus masuk dalam dunianya.

Oleh karena itu jika kita memang ingin menjadi orang rumahan yang sukses dan kaya raya maka buku ini patut menjadi bahan rujukan untuk dibaca. Memang disisi lain, buku ini banyak mengupas hal-hal yang sama yang pernah dipaparkan dalam buku-buku sejenisnya, meskipun demikian arti ulasan dan bahasa yang mudah dipahami serta dengan sampul merahnya yang begitu pemberani mungkin sedikit banyak memang akan meberikan suntikan virus untuk kita agar benar-benar menjadi orang rumahan yang multitalenta dan juga sukses yang kaya raya

TULISAN ini belum berhasil tayang di Resensi media masa

Satu Tanggapan

  1. wah kalo saya gak bakat ikut bisnis gituan mas..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: