Makes Dreams Come True

Judul : Menjadi Kaya Sukses dan Sehat Dengan KekuatanPikiran

Penerbit : Indonesia Cerdas

Penulis : Bambang Prakuso

Cetakan : I ( + april ), 2008

Tebal : 243 halaman

Ingatkah kita pada sepenggal lirik yang begitu menginspirasi pada judul lagu “I Have A Dream” milik group boy band legendaries west life ? Tak bisa dipungkiri bila isi lirik tersebut memang mengingatkan kita tentang bagaimana seharusnya seorang manusia mempunyai mimpi dan cara membangun mimpi tersebut. Mimpi bagi seorang manusia bukanlah hanya sebatas bunga tidur di atas kasur belaka yang sering membawa kita ke dalam angan-angan panjang yang selalu tak ada gunanya. Mimpi adalah merupakan hal yang pasti dan bukanlah merupakan ilusi, walaupun kebanyakan manusia beranggapan bahwa mimpi atau cita-cita yang terlalu tinggi hanyalah akan membawa ke dalam khayalan yang tak ada hasilnya, maka tidak heran bila banyak orang yang enggan untuk bermimpi.

Di lain pihak orang kadang sering merasa bahwa dirinya sudah ditakdirkan dan divonis oleh Tuhan mengenai keadaan dirinya memang hanya pada batas itu saja.Padahal apabila manusia mau memikirkan bagaimana caranya membangunkan mimpi-mimpi yang telah dicetuskannya tersebut untuk diwujudkan ke dalam hidupnya maka seribu jalan sebenarnya telah menanti di depan mata.

Buku karya Bambang Prakuso adalah merupakan jawaban apabila kita sering merasa bahwa mimpi-mimpi kita baru sampai dalam isapan jempol belaka. Buku ini mengupas secara mendalam dan gamblang serta mudah dicerna mengenai bagaimana kita menciptakan mimpi, memproses mimpi, kemudian membangunkan mimpi itu dan mewujudkannya dalam kehidupan kita. Menurut kisah nyata yang dialami penulis bahwa apapun yang kita inginkan atau impikan adalah sesuatu hal yang mungkin dan bukan merupakan suatu angan-angan di siang bolong. Mimpi bisa diwujudkan karena manusia dibekali dengan kekuatan otak ( brain power ) yang merupakan keajaiban luar biasa sebagai karunia tertinggi dari Tuhan. Dengan otak tersebut manusia menyimpan sekumpulan kekuatan yang dinamakan kekuatan pikiran bawah sadar.

Pikiran bawah sadar adalah pikiran di luar sadar yang bekerja menjalankan kemauan / keinginan kita tanpa ada kata “menyerah”. Dalam pikiran bawah sadar tersimpan enam fungsi kekuatan diantaranya sebagai pusat bank memori, pengatur fungsi-fungsi tak sadar, sebagai pusat emosi, sebagai tempat imajinasi, pengendali kebiasaan, dan sebagai sebuah dynamo yang menggerakkan manusia, sedangkan cara kerjanya adalah mirip sebuah memori komputer, hanya saja bedanya informasi dan data dalam memori komputer dapat dipanggil kembali sedang memori dalam pikiran sulit untuk dipanggil kembali, akan tetapi meskipun begitu apabila kita dapat mengaplikasikan teori yang ada di dalam buku ini kemudian memadukannya dengan apa yang menjadi impian kita ( dream of powers ) maka kemungkinan besar “Dewi Fortuna” tetap akan selalu berpihak pada kita.

70 % materi yang ada dalam buku ini memang beberapa menyelami dan menjelajahi tentang bukti-bukti kekuatan pikiran /otak dalam bekerja dan berkarya dalam mewujudkan impian. Dengan disertai bukti-bukti kisah seperti bagaimana Donald Trump , sang kaya raya no.1 dunia membangun mimpinya dari nol ( dari keadaan miskin ), Kolonel Sanders dengan waralaba kentuckynya yang sudah membumi,Thomas alfa Edison dengan temuan lampu pijarnya, Bill Gates dengan microsoftnya dan masih banyak lagi kisah lainnnya yang disuguhkan dalam buku ini dengan begitu jelas. Kisah – kisah yang begitu menginspirasi tersebut hampir 100% menyimpulkan bahwa mereka adalah orang – orang biasa tetapi mau dan tahu bagaimana cara memperkerjakan serta mengajak otaknya untuk memproses dan mewujudkan mimpinya. Berdasarkan penelitian para ahli ditemukan kenyataan bahwa manusia baru menggunakan 10% kekuatan pikirannya. 90 % lainnya tertidur dan belum diberdayakan.Menurut para ahli brain power lainnya, Einstein konon baru menggunakan sekitar 3 %kemampuan otaknya. Sungguh mengagumkan apabila fakta itu benar berarti kita adalah makhluk power ranger.

Dr. Bruced Goldbrerg telah membuktikan lewat penelitiannya bahwa pikiran bawah sadar menyimpan memori kita di masa lalu dengan baik.Tapi manusia tidak bisa dengan mudah menggali kenangan masa lalunya itu sekalipun rekaman masa lalu itu masih ada.Sering kali ia muncul ketika kita mengalami peristiwa yang sama, dari uraian itu dapat disimpulkan bahwa otak bawah sadar memegang kunci kenapa tingkah laku kita seperti sekarang.Ia juga merupakan kunci pencapaian masa depan.Oleh karena itulah penancapan impian dalam pikiran bawah sadar membawa peranan penting dalam sejarah perjalanan hidup manusia untuk mencapai sukses. Seperti dikutip “Orang yang paling miskin adalah orang yang tidak punya impian”Zig Zighar ( hal 110 ). Sebuah universitas di Amerika juga pernah meneliti tentang hubungan antara impian dan kesuksesan. Para ilmuwan mengumpulkan para mahasiswa dan menanyakan apakah mereka punya impian. Dari sebagaian kecil tadi ditanya lagi, siapa yang menuliskan impiannya di atas kertas. Ternyata hanya sedikit orang. Dan hal itu dilakukan berkali-kali oleh para ahli ,hingga pada decade lebih dari 15 tahun kemudian universitas tersebut kembali melakukan wawancara pada alumnus yang pernah mereka teliti dahulu. Fakta yang ditemukan adalah ternyata mereka yang sukses adalah yang memiliki impian bahkan mahasiswa yang dulu menuliskan impiannya seluruhnya juga sukses. Kehidupan mereka jauh lebih baik dari rekan-rekannya yang tidak memiliki impian ketika penelitian pertama dilakukan. Dari eksperimen itulah kita bisa mengetahui bahwa impian adalah merupakan rel dimana kereta kita akan kita bawa / jalankan.

Sungguh ironis memang di zaman seperti sekarang ini apabila kita tidak memimiliki impian dalam hidup kita, itu menandakan seakan kita hidup tanpa adanya tujuan, bermimpi adalah boleh dan tidak dilarang serta tidak haram. Buku ini selain banyak mengupas tuntas tentang problematika impian juga terdapat pemahaman serta penyelaman tentang suatu kajian ilmu yang begitu mendalam yang disebut sebagai Neuro Linguistik Program ( NLP ), yaitu sebuah ilmu yang mempelajari otak manusia dan bagaimana caranya memberdayakannya. NLP juga sering disebut people skill technology atau psychology of excellence.NLP dicetuskan sekitar tahun 1970-an oleh Ricahrd Bandler ( pakar matematika dan programming computer ) dan John Grinder ( professional linguistic ) .NLP tersebut kemudian dirumuskan sebagai the study of subjective experience.

Kupasan materi yang terperinci dan begitu detail memang bisa membawa kita sebagai pembaca seakan-akan mau tidak mau segera merubah mindsett dari arah negatif menjadi positif, dari miskin menjadi kaya, dari sakit menjadi sembuh, dari bodoh menjadi pintar, dan dari segala hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. Memang, seperti tertuliskan : Paul Hanna ( Motivator ternama Australia, penulis buku-buku best seller ) mengatakan, “Seekor anak elang tak akan pernah dapat terbang ketika ia membayangkan dirinya sebagai anak ayam. Menganggap diri anda menjadi apa yang anda inginkan adalah merupakan persiapan mental yang sangat membantu ketika anda mencapai posisi itu.”(hal.118). Ini berarti apapun yang kita pikirkan dan kita yakini memang membawa kekuatan tersendiri untuk mencapai kearah apa yang kita inginkan.

Buku dengan tebal 243 halaman ini memang dikemas dengan bahasa yang lugas dan mudah dimengerti disertai dengan ilustrasi gambar, dan juga ilustrasi draft mulai dari memprogram ulang ( format ) Pikiran, panduan menyusun impian tertulis, cara menentukan Impian, dan bagaimana membangun kekuatan untuk mengatasi kelemahan dan ancaman serta mengambil peluang untuk meraih mimpi-mimpi yang akan diwujudkan di masa depan. Kisah kisah di dalam buku yang dijabarkan dengan bukti-bukti nyata memang bisa menjadi inspirasi dan daya tarik tersendiri untuk dibaca bagi siapa saja yang mau dan berani untuk mempunyai mimpi.

Tulisan ini berhasil terbit di Kedaulatan Rakyat Jogja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: